KATEGORI


Arsip Berita

Rapat Terbuka Dies Natalis UGM Dihadiri Presiden RI Ir. H. Joko Widodo

19 Desember 2017

YOGYAKARTA (19/12/2017) Jogjaprov.go.id-  Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menghadiri acara Rapat Terbuka Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa (19/12), di Grha Sabha Pramana UGM. Acara ini merupakan rangkaian acara dari Dies Natalis UGM yang ke-68.      

Prof. Ir, Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng (Rekor UGM) menyampaikan bahwa, sejak UGM didirikan pertama kali melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949, UGM terus berupaya menghidupkan amanat pendirian bangsa sebagai balai nasional ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Lahirnya UGM merupakan symbol eksistensi tegaknya NKRI di mata dunia, dan juga sebagai wujud perlawanan terhadap imperialisme dan kolonialisme di bumi nusantara. Lahirnya UGM juga tidak dapat dipisahkan dari Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat, saat Sri Sultan Hamengku Buwono ke IX telah merelakan Kraton bukan hanya sebagai Pusat Pemerintahan dan Pusat Kebudayaan, namun juga sebagai Pusat Pendidikan bagi para mahasiswa. Oleh karena itu, sudah seharusnya  UGM harus menjaga  sebagai Universitas yang mengawal tegaknya NKRI di masa lalu, masa sekarang, dan di masa yang akan datang.            

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya juga menyampaikan, bahwa sampai kapanpun perguruan tinggi akan menempati peran sentral dalam pembangunan bangsa dan negara. Peran sentral dalam menciptakan SDM handal, melahirkan karya riset unggul, dan berbagai teknologi inovatif untuk mendukung pembangunan bangsa. "Kami di pemerintahan terus bekerja keras untuk membangun ekosistem bisnis, semangat kwirausahaan kita masih sangat rendah yakni peringkat 90 dari 137 Negara, sementara di Asia Pasifik peringkat 16 dari 24 Negara", Presiden menambahkan. Harapan untuk kedepan, perguruan tinggi harus bisa meningkatkan perannya dalam mencetak entrepreneur, dan para wirausaha muda , sehingga nantinya dapat berperan aktif dalam ekosistem kewirausahaan agar munculnya kreasi-kreasi baru.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga mengenang masa-masa mudanya dengan menunjukkan foto-foto saat kuliah di Kampus UGM 37 tahun yang lalu. Setelah rapat ditutup, acara dilanjutkan dengan kunjungan Presiden RI ke Fakultas Kehutanan UGM untuk bertemu dengan para dosen dan alumnus Fakultas Kehutanan UGM.(feb)