KATEGORI


Arsip Berita

Yogya Semesta Ke 103 ”Menghidupi Yogyakarta Kota Wayang Dunia”

20 Desember 2017

Bantul (19/12/2017) jogjaprov.go.id – Ditengah guyuran hujan bersama warga sekitar desa wisata Kampoeng Mataraman, Panggungharjo, Sewon Bantul, Yogyakarta, di buka oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Yogya Semesta yang ke 103 ini mengangkat tema “Menghidupi Yogyakarta Kota Wayang Dunia” yang digelar di Kampoeng Mataraman pada Selasa malam, (19/12).

Dalam pembukaan acara Yogya Semesta yang ke 103 di awali dengan pengguntingan perdana Pola Sungging Wayang Kertas “Arjuna dan Gatutkaca” oleh KGPAA Paku Alam X.

KGPAA Paku Alam X. sangat mengapresiasi acara ini karena untuk mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Wayang Dunia sangat di perlukan untuk melestarikan budaya seperti ini.

 KGPAA Paku Alam X menyampaikan bahwa wayang adalah suatu karya pemikiran dari pendahulu kita, wayang dengan tokoh-tokoh yang ada bisa menggambarkan keadaan atau sifat masing-masing. Wayang sebagai sarana pembelajaran terhadap hidup manusia sangat luar biasa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Gelar seni berupa “Batik Shadow”: Wayang Kertas Pandes” oleh Rumah Kreatif “Dongaji”, dan “Orkes Wayang Pelajar” oleh “Omah Cangkem”.

  Wahyudi Anggoro Hadi, Farm Apt sebagai narasumber, Lurah Pangggungharjo Pardiman Djoyonegoro, S,sn, dan Budayawan Pengarah “Yogyakarta Kota Wayang Indonesia”, Dr. Purwadmadi.(rud)