Pemerintah Pemerintah
Lomba Parade Cinta Tanah Air 2013 Dibuka Wagub Paku Alam IX PDF Cetak Email
Rabu, 11 September 2013 00:46

Lomba Parade Cinta Tanah Air 2013 Dibuka Wagub Paku Alam IX

YOGYAKARTA (10/09/2013) jogjaprov.go.id. Jas Merah “ merupakan semangat bagi Generasi muda Indonesia, Karena dengan mengetahu sejarahlah, generasi muda akan mengerti jerih payah generaasi pendahulu dalam membangun Negara dan bangsa ini. Dengan mengetahui sejarah ini pula, generasi muda akan bangkitt semangat nasionalisme dan patriotismenya.  “Jas Merah “ ini juga akan menyadarkan generasi muda mengenal apa tujuan Negara dan bangsa ini sebenarnya.

Penegasan demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Paku Alam IX ketika membuka lomba Parade cinta Tanah Air  Tingkat SLTA Tahun 2013 yang bertemakan  “ Bangkitkan Prestasi Cinta Indonesia dan Hidupkan Karaktermu” tadi pagi(selasa,10/09) di Bangsal Wiyoto Projo,Komplek,Kepatihan,Yogyakarta yang juga dihadiri Pejab Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Se DIY.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Dan Dim 0374 Yogyakarta  Arhanut Ananta Wira menjelaskan bahwa Lomba Parade Cinta Tanah Air Tahun 2013 terselenggara atas kerjasama Kemneterian Pertahanan RI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini diikuti Pelajar SLTA yang berjumlah  18 tim  dari Kabupaten/Kota se DIY  tersebut sebagai ajang seleksi Tim Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat DIY  tahun 2013  dan peraih juara I  akan maju dalam Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Nasional. Delapan belas tim tersebut dengan perincian dari  Bantul 4 tim, Kulonprogo 3 tim, Sleman 4 tim, Kota Yogyakarta 3 regu dan Kabupaten Bantul 4 regu.

Adapun tujuan  dari perlombaan Parade Cinta Tanah Air selain sebagai   ajang seleksi juga  diharapkan  para pelajar SLTA  di DIY sebagai Warga Negara  mampu menumbuhkembangkan  kemampuan berargumen  secara lisan melalui lomba diskusi, uji argument,  serta mampu mengekspresikan pengetahuannya dalam bentuk tulisan untuk membentuk karakter  bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela Negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup  bangsa dan Negara .

Sehubungan dengan hal tersebut lebih lanjut Gubernur DIY melalui Paku Alam IX mengingatkan bahwa Generasi penerus bangsa, yang ibaratnya tinggal “ Nglungguhi klasa gumelar “ duduk enak ditikar yang sudah digelar atau tidak turut merasakan pahit getirnya perjuangan merebut kemerdekaan, generasi muda seakan lupa terhadap sejarah negaranya dan bahkan lupa untuk mencintai tanah airnya. Oleh karena itu perlu ditumbuhkan poemahaman dan penghayatan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta bela Negara bagi generasi muda, khususnya para pelajar Indonesia.   Sebab estafet kepemimpinan negera kita akan  mau tidaka mau akan dilanjutkan oleh generasi muda ini.tandas Gubernur DIY.

Dengan diselenggarakannya Lomba Parade Cinta Tanah Air Gubernur DIY mengharapkan kepada pelajar disamping menjadi pelajar dan peserta yang baik, hendaknya juga dapat mereapi filosofi-filosofi luhur yang ditinggalakan para founding fathers dan menjadikannya pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Karena menurut Gubernur DIY jika hanya dihafal nantinya bisa lupa, Namun jika kita resapi dan pahami tentu keteladanan para founding father akan senantiasa membekas di otak, pikiran serta hati kita semua.

Pembukaan Lomba Parade Cinta Tanah Air Tahun 2013 oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX mewakili Gubernur DIY ditandai dengan pemukulan bende yang didampingi Dan Dim  0374 Yogyakarta Arhanut Ananta Wira. (Kar)

HUMAS DIY

 

 

 

 



Sebarkan Artikel ini ke Social Network Favoritmu
 
 

Tambahkan Komentar


Security code
Refresh