Pemerintah Pemerintah
Pekan Flori Dan Flora Nasional Digelar 2-8 Oktober 2013 Di Yogyakarta PDF Cetak Email
Selasa, 17 September 2013 08:17

Pekan Flori  Dan Flora Nasional  Digelar   2 - 8 Oktober 2013 Di Yogyakarta

YOGYAKARTA (17/09/2013)jogjaprov.go.id. –  Pekan Flori  dan Flora Nasional (PF2N) 2013  yang  akan diselenggarakan mulai tanggal 2 hingga 8 Oktober 2013 di Jln.Kenari,Timoho,Kota Yogyakarta,Daerah Istimewa Yopgyakarta diikuti  utusan Dinas Pertanian Provinsi dari 33 Provinsi /Kabupaten/Kota terkait se Indonesia  dan rencananya akan dibuka Menteri Pertanian RI
Ir. H. Suswono, MMA  dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X serta dihadiri para Duta Besar Negara sahabat.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dr.Ir.H.Hasanudin Ibrahim.Sp.I  siang tadi (Selasa,17/09) pada Jumpa Persnya Persiapan Penyelenggaraan PF2N 2013 di Ndalem Ageng, Kepatihan,Yogyakarta yang dipandu Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Dr.Ir.Didiek Purwadi.M.EC yang didampingi Kepala Dinas Pertanian DIY.Ir..Sasongko.MSi.

Adapun tema dari Pekan Florid an Flora Nasional 2013 “ Hortikultura Nusantara Sebagai Gaya Hidup “ dan tujuannya selain untuk meng-edukasi masyarakat  khususnya  generasi muda juga dalam rangka mempromosaikan produk-produk holtikultura dari berbagai daerah se Nusantara sekaligus menawarkan kepada investor asing untuk menanamkan Invesnya di Indonesia..

Penyelenggarakannya Pekan Florid an Flora Nasional tahun 2013  di Yogyakarta ini merupakan yang ke-VI  yang sebelumnya acara seperti ini dilangsungkan di Tomohon, Tangerang, Batam, Bali dan Medan .

Secara rinci kegiatan dari PF2N ini meliputi Jambore Varitaas Hortikultura, Pameran Holtikultura Nasional yang diikuti sebanyak 180 Stand akan menampilkan produk unggulan dari  daerah seluruh Indonesia, Bursa Tanaman dan Produk pendukung hortikultura, Kontak Bisnis dan Temu Investasi, Kursus-kursus, Klinik Hortikultura, Layanan Perizinan Pertanian serta Bursa Kulioner Nusantara.

Untuk jamboree Varitas  lanjut Dirjen Hortikultura  Hasanudin Ibrahin akan menampilkan 169  varitas unggulan hortikultura dalam bentuk demplot-demplot dan mengajak masyarakat luas untuk mengenal lebih dekat varitas unggul terbaru  hortikultura beserta tekhnik  dan tatacara budidaya yang baik dan benar. Disamping itu juga masyarakat akan diajak untuk menganalisa usaha taninya yang dilakukannya.

Dan jenis  varitas yang akan ditampilkan antara lain , Melon, Labu, Pare, Cabe, Tomat,Tanaman Obat, Aneka Tanaman Buah-buahan serta berbagai tanaman hias. Dalam kesempatan itu pula akan ditampilkan prototype taman penghijauan kota dalam bentuk karpet bunga, model kawasan rumah pangan lestari, serta gelar tekhnologi budidaya hortikultura melalui screenhouse dan shanding net.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Daerah,daerah Istimewa Yogyakarta Ir..Sasongko.M.Si menambahkan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kegiatan tersebut telah siap dan akan menampilkan  unggulan hortikultura DIY yaitu Salak Pondoh, Cabe, Bawang Merah dan lain-lain.

Dalam rangka menyemarakkan kegiatan itu juga akan dimeriahkan Parade Andong dan Kendaraan hias, aneka Lomba serta pentas Kesenian Tradisional maupum Kontemporer dan Wayang Kulit.(Kar)

HUIMAS DIY



Sebarkan Artikel ini ke Social Network Favoritmu
 
 

Komentar  

 
0 #1 unikbaca 2013-09-17 09:21
Wah pekan ini yang ditunggu-tunggu, semoga ke Jogja nanti masih tetap ada pekan nya. Makin semangat datang ke Jogja.
Quote
 

Tambahkan Komentar


Security code
Refresh