Pemerintah
Tim Lomba Desa Menilai Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul PDF Cetak Email
Kamis, 31 Mei 2012 06:04

Tim Lomba Desa Menilai Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul

Bantul, (30/05/2012) pemda-diy.go.id - Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul Siap menjadi juara dan mewakili DIY maju dalam lomba desa tingkat Nasional.

Tim penilai lomba desa akan melaksanakan penilaian secara obyektif dan bertindak professional sesuai tugas dan tanggung jawab yang dibebankan yang baik akan dikatakan selalu baik yang kurang juga akan selalu dikatakan kurang jadi yang terpenting adalah semangat membangun.

Demikian dikatakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DIY Hendar Susilowati SH, pada acara verivikasi data dalam rangka lomba desa di desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul (Rabu,30/05).

Gubernur juga menekankan bahwa pentingnya lomba desa ini sebagai upaya peningkatan daya saing yang lebih ditekankan pada inovasi dan kreatifitas pencapaian program pembangunan pedesaan. Disamping itu lomba desa ini hanya sebagai tolok ukur sampai sejauh mana keberhasilan program pembangunan yang dilaksanakan didesa dan kelurahan. Oleh karenanya Tim penilai akan melihat langsung keberhasilan dari desa yang terpilih dalam lomba desa dan jika masih ada kekurangan nantinya akan dilakukan pembinaan dan jika sudah berhasil lebih ditingkatkan.

Sementara dikatakan Bupati Bantul Sri Suryawidati dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan Wakil Bupati Bantul Drs. Sumarno. Prs,. bahwa Pencanangan evaluasi pemberdayaan masyarakat atau dikenal dengan lomba desa diharapkan bukan hanya rutinitas dan ceremonial belaka tapi mampu membangun kembali dan meletakkan nilai dasar budaya serta mengubah cara hidup dan etos kerja masyarakat dengan dilandasi oleh semangat kebersamaan sehingga mampu mendukung pemberdayaan masyarakat dan membangun desa.

Selain itu juga bahwa perlombaan desa hendaknya jangan dipandang sebagai ajang untuk mendapatkan kejuaraan namun merupakan kesempatan untuk mendapatkan pembinaan didalam pembangunan jangka panjang desa untuk lebih memajukan dan mensejahterakan masyarakatnya dan terwujudnya kemandirian desa sesuai indikator pembangunan diantaranya aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dalam pembangunan pemerintahan serta kelembagaan kemasyarakatan.

Menurut Bupati Bantul Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul merupakan salah satu desa yang terpilih unutk mewakili Kabupaten Bantul dalam lomba desa Tingkat Provinsi DIY dan siap untuk menjadi juara tingkat provinsi dan siap menjadi duta DIY dalam lomba desa ditingkat nasional.

Sementara dikatakan oleh Lurah Desa Sumbermulyo  Dra. Ani Widayani bahwa Desa Sumbermulyo yang memiliki visi Sumbermulyo yang sehat, bersih dan damai serta mewujudkan misi desa yang sehat dan bersih lahir batin dalam setiap bidang kehidupan sebagai bentuk peribadatan kepada Tuhan Yamg Maha Esa, serta meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat yang bertumpu pada aspek keadilan dan kejujuran sehingga menebarkan kebarokahan dalam semua aspek kehidupan.

Disamping itu Ani juga mengatakan bahwa Desa Sumbermulyo yang memiliki luas lahan 819.932 Ha dan berpenduduk sekitar 18.002 jiwa  dengan 4.717 KK  pernah menjadi pilot project Good Governance dengan mememliki potensi unggulan desa siap untuk menjadi juara dalam lomba desa tingkat provinsi DIY.
(dyk)

HUMAS



Sebarkan Artikel ini ke Social Network Favoritmu
 
 

Tambahkan Komentar


Security code
Refresh