Bawaslu Silaturahmi Kepada Gubernur DIY

Tanggal Rilis :
Senin, 29 Januari 2018
Penulis Artikel :
Humas
Fotografer :
Wijanarto
Lokasi :
Gedhong Wilis Kepatihan Yogyakarta

Yogyakarta (29/01/2018) jogjaprov.go.id- Kepengurusan Bawaslu DIY periode 2017-2022  dipimpin oleh  Bagus Sarwono yang dilantik di Jakarta pada bulan September yang lalu berkunjung dan bersilaturahmi kepada Gubernur DIY, Hemengku Buwono X di Kepatihan Yogyakarta, pada Senin (29/01). Selain itu Badan Pengawas Pemilu DIY juga meminta bantuan Gubernur DIY sebagai pejabat pembina  Kepegawaian DIY, agar pemilu di DIY bisa berjalan secara lancar dan menciptakan kondisi agar tercipta suasana yang kondusif dan tercipta pemilu yang damai dan berintegritas di DIY.

Di undang-undang Pemilu yang baru ada pertambahan kebutuhan komisioner maupun kelembagaan sehingga dibutuhkan kantor yang memadai sehingga perlu adanya fasilitasi dukungan dari Pemerintah Daerah.

Dikatakan oleh Bagus bahwa, perlu sikap antisipatif menghadapi dinamika pemilu yang ada, apalagi Bawaslu mempunyai peran pencegahan. Menurutnya adanya sosialisasi oleh Gubernur DIY agar ASN (Aparatur Sipli Negara) untuk bersikap netral, non partisan. Ada aturan yang melarang untuk itu, tandasnya. Selain itu juga agar ASN untuk tidak terjun ke dunia Politik agar tercipta pemilu yang berintegritas, yaitu pemilu yang minim pelanggarannya, yang didalamnya lebih banyak adu program maupun kebijakan, sehingga dapat dilaksanakan dengan damai.

Jangan ada pemilu yang anarkhis dan selalu bersinggungan antara partisannya, maupun adanya kekerasan di dalamnya. Hal-hal yang tidak mengenakkan ditekan seminal mungkin sehingga tercipta pesta demokrasi yang bisa dinikamati dengan gembira, bukan dengan perasaan terancam atau terintimidasi.  

Kerawanan politik perlu diantisipasi, segenap ASN yang ada diharapkan kondusif, tidak melakukan aksi-aksi yang dinilai sebagai tindakan ketidak netralan, terutama pada saat pencalonan.

Gubernur DIY, Hamengku Bowono X menegaskan pula kepada Bawaslu mengenai perlu dipikirkan pula  adanya antisipasi mobilisasi masa.

HUMAS DIY

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN