MUSRENBANG RJPMD DIY Tahun 2017 -2022

Tanggal Rilis :
Kamis, 01 Februari 2018
Penulis Artikel :
Humas
Fotografer :
Wijanarto
Lokasi :
Inna Garuda

 

Yogyakarta (31/01/2018) jogjaprov.go.id –Perangkat Daerah hendaknya dapat menjabarkan visi dan misi Gubernur dengan sebaik-baiknya ke dalam program dan kegiatan yang terukur dan terarah serta mampu menjawab isu-isu pembangunan yang dihadapi saat ini. Demikian Gubernur DIY, Hamengku Buwono di Inna Garuda pada Rabu (31/01) pada acara Musrenbang RJPMD DIY Tahun 2017 – 2022.

Dikemukakan pula bahwa, visi RPJMD DIY tahun 2017 – 2022 adalah “Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja”.

Tema yang diusung tersebut kosisten dengan semangat visi RJPMD DIY periode sebelumnya “Among Tani Dagang Layar”, yang menitikberatkan pada pengembangan potensi wilayah selatan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan wilayah yang menurut data memang masih banyak dijumpai di wilayah selatan DIY, serta berkorelasi terhadap pencapaian visi jangka panjang DIY, yaitu masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera.

Hal yang demikian juga selaras dengan isu-isu strategis yang dihadapi DIY saat ini yaitu : tingkat kemiskinan yang masih tinggi, ketimpangan wilayah, perilaku sosial masyarakat, kemacetan, potensi kawasan selatan yang belum dioptimalkan serta daya dukung lingkungan yang semakin terbatas.

Dalam kesempatan itu disampaikan juga pengarahan dari Wakil Menteri Keuangan Prof. Dr. Mardiasmo, MBA, Akt, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo sekaligus membuka kegiatan Musrenbang. Selain itu dilaksanakan pula diskusi panel dengan nara sumber : Deputi Pengembangan Regional Bappenas, Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP, Ph.D; Direktur Bangda Kemendagri, Dr. Ir. HM Hudori, Msi. Serta Kepala Bappeda DIY, Dr. Tavip Agus Rayanto, Msi

Kepala Bappeda DIY dalam laporannya mengatakan bahwa, pelaksanaan Musrenbang ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri dalam Negeri nomor 26 tahun 2017 yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan proses pembangunan khususnya di DIY.

Musrenbang ini merupakan bagian integral dari proses perencanaan jangka menengah yang akan menjadi masukan dalam menyempurnakan dokumen kerangka RJPMD menjadi rancangan ansich RJPMD.

Diharapkan dengan acara pembukaan Musrenbang ini mendapat masukan mengenai rencana operasionalisasi tentang visi, misi dan sasaran tujuan pembangunan yang disampaikan oleh Gubernur DIY pada beberapa waktu yang lalu. Selain itu, untuk menerima masukan, strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah serta perangkat daerah. Dan yang ketiga untuk memperoleh masukan tentang program terkait perangkat daerah disertai indikatif kebutuhan pendanaannya.  

Turut hadir dalam kesempatan tersebut : Wakil Gubernur DIY,Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Direktur BPD DIY, Wakil Ketua DPRD DIY, Bupati/Wali Kota se DIY, Anggota Forkorpimda DIY,  Anggota Parampara Praja,  Sekda DIY beserta Asisten, Pimpinan OPD se DIY serta tamu undangan lainnya.

 

HUMAS DIY

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN