Pelepasan Peserta Pemagangan DIY Tahun 2017

Tanggal Rilis :
Rabu, 17 Mei 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
alh
Lokasi :
Royal Ambarukmo

YOGYAKARTA (17/05/2017) jogjaprov.go.id –Selain pelepasan pemagangan yang berjumlah 900 orang, juga  dilaksanakan Penandatanganan MoU antara Dinakertrans DIY dengan KADIN DIY oleh dr. Andung dan GKR Pembayun. Dalam  pelepasan peserta magang dilengkapi antara lain; Piagam Penghargaan kepada perusahaan yang menerima magang, Piagam Penghargaan kepada peserta sertifikasi kompetensi dan Piagam Penghargaan kepada LPK terakreditasi.

Melihat kondisi tersebut menunjukan bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang besar termasuk  angkatan kerja yang masih didominasi lulusan SD dan SMP. Dari  131, juta angkatan kerja kita, 65 %nya  atau sekitar 131,5 juta masih didominasi lulusan SMP.  Untuk menjadi tenaga yang trampil perlu adanya pendampingan/pelatihan supaya para tenaga kerja indonesia memiliki ketrampilan tersendiri.  Hal itu agar mempunyai daya saing dalam berkompetisi di dunia kerja. Jika tenaga kerja Indonesia tidak memiliki tetrampilan maka Indonesia hanya menjadi pasar negara lain.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (17/05) di Royal Ambarukmo Yogyakarta yang dibuka oleh Menteri Tenaga Kerja RI Hanif Dhakiri. 

Pasar tenaga kerja sudah terintegrasi, baik melalui masyarakat ekonomi  ASEAN demikian juga dengan pasar tenaga kerja secara global. Karenanya, satu-satunya cara agar Indonesia bisa menjadi salah satu pemenang adalah dengan meningkatkan daya saing tenaga kerja kita. Salah satu instrumen untuk meningkatkan daya saing adalah dengan cara pelatihan, seperti pemagangan saat ini .  

Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X   menyampaikan bahwa, kegiatan pemagangan diharapkan akan meningkatkan kompetensi tentang ketrampilan, pengetahuan dan sikap kepribadian tenaga kerja,  sehingga akan menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten. Kegiatan  pemagangan ini sebagai salah satu bentuk    jejaring perusahaan/industri, juga merupakan sarana  mendapatkan pekerjaan, dapat juga   mengurangi pengangguran dan mendapatkan pengalaman kerja yang realistik.

Kepala DinasTenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, dr. Andung Prihadi Santosa, M.Kes melaporkan bahwa tujuan pemagangan ini  untuk mengurangi angka pengangguran, juga untuk meningkatkan kompetensi (skill, knowledge, attitude) tenaga kerja serta membantu jejaring perusahaan/industri yang melaksanakan pemagangan sebagai mitra Pemerintah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dirjen  Bina Lattas Kemenaker RI, Ketua Komisi D DPRD DIY, Koordinator Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP)DIY serta tamu undangan lainnya.  (***)

HUMAS DIY

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN