Rakor Pengelolaan Layanan Aspirasi dan SP4N

Tanggal Rilis :
Selasa, 30 Januari 2018
Penulis Artikel :
Humas
Fotografer :
Wijanarto
Lokasi :
Gedhong Pracimasono Kepatihan Yogyakarta

 

 

Yogyakarta (30/01/2018) jogjaprov.go.id – Dalam Perda nomor 5 tahun 2014 mengenai Pelayanan Publik bertujuan mengatur agar dapat terwujud kepastian hukum tentang hak, kewajiban, kewenangan dan tanggung jawab serta perlindungan terhadap penyelenggaraan pelaksana dan masyarakat yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik. Selain itu agar terwujud sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang prima serta terwujudnya partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal demikian disampaikan  oleh Sekretaris Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan On Line Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) pada Selasa (30/01) di Gedung Pracimasono, Kepatihan, Danurejan Yogyakarta.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, pelayanan publik dikelola dengan paradigma yang bersifat suportif yang lebih memfokuskan diri pada kepentingan masyarakat pengguna layanan. Dengan demikian pengelola harus mampu bersikap menjadi pelayan yang sadar untuk melayani, bukan dilayani. Paradigma yang bersifat suportif inilah yang dianut oleh pengelola pelayanan di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu pelayanan yang berorientasi kepuasan pelanggan (customer driven government).

Kepala Bidang IKP (Informasi dan Komuniaksi Publik) Diskominfo DIY, Drs. Bayu F Putro dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk membangun komitmen seluruh OPD Pemda DIY dalam mendukung pengelolaan layanan pengaduan publik melalui E-lapor DIY dan Lapor SP4 N. Selain itu juga merupakan pengenalan aplikasi E-lapor DIY dan lapor SP4N.

Adapun pembicara dalam kesempatan tersebut adalah Sekda DIY yang mengetengahkan tema : Peningkatan Kualitas dan Transparansi Layanan Publik melalui E-LAPOR dan LAPOR-SP4N, Arah Kebijakan dan Strategi Pengelolaan. Adapun sebagai pembicara kedua adalah Kepala Diskominfo DIY, Ir. Rony Primanto Hari, MT yang menyampaikan mengenai E-LAPOR dan LAPOR SP4N, Media Strategis untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Publik. Sedangkan Kasubid Pelaksanaan dan Monitoring SP4N Kemenpan RB, Rosikin, Ssi. MM menyampaikan mengenai Pengenalan dan Sosialisasi Aplikasi SP4N.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini diikuti oleh para pejabat penghubung di masing-masing OPD di lingkungan Pemda DIY sesuai SK Gubernur No. 133/Tim/2017.

HUMAS DIY

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN