Wagub DIY Tekankan Pengabdian Masyarakat Kepada FT UGM

Tanggal Rilis :
Senin, 05 Februari 2018
Penulis Artikel :
Humas
Fotografer :
ade
Lokasi :
Gedhong Pare Anom

 

 

 

YOGYAKARTA (05/02/2018) jogjaprov.go.id – Perguruan Tinggi UGM sebagai kampus kerakyatan sudah seharusnya turut menyumbang bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat luas, khususnya warga Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini dibahas dalam pertemuan antara jajaran pengurus Fakultas Teknik UGM dengan KGPAA Paku Alam X di ruang kerjanya di Gedhong Pare Anom, Kepatihan, Danurejan Yogyakarta (05/02).

Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Ir. Nizam, M. Sc., DIC., Ph.D, menyampaikan rasa bahagianya bisa bersilaturahmi dengan Wakil Gubenur DIY dalam rangka berdiskusi mengenai pengembangan akademik di lingkungan Fakultas Teknik UGM menuju akreditasi internasional. Selain itu, Fakultas Teknik UGM ingin bersinergi dalam membantu menyejahterakan masyarakat DIY dari berbagai aspek.

Sebagai Perguruan Tinggi, perlu ditindaklanjuti peran Universitas Gadjah Mada sebagaimana tertuangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Wakil Gubernur DIY menekankan pada pengabdian masyarakat selaras dengan UGM sebagai kampus kerakyatan. “Pengabdian masyarakat ini sifatnya lebih terstruktur dan mempunyai tolok ukur. Seperti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang harus ada capaian dan longterm.”

Sudah saatnya, pendidikan tidak hanya sebatas hard skill, namun juga dibutuhkan soft skill. Terdapat komponen yang penting, yaitu mengedukasi warga dan investasi intelektual agar lebih sustain. Terlebih Fakultas Teknik, diharapkan mampu mengedukasi warga secara berkesinambungan dengan bantuan teknologi. Wakil Gubernur DIY meminta Fakultas Teknik UGM berkontribusi dalam menciptakan inovasi yang lebih mengarah untuk kemaslahatan umat. “Bisa menciptakan dan merealisasikan ide-ide berbasis teknologi yang real dan aplikatif. Sedikit tidak apa-apa, namun konkrit dan sustain. Disitulah akan ada next generation. Namun pembaharuan itu tidak meninggalkan sisi budaya”, imbuh Wakil Gubernur DIY.

Dekan Fakultas Teknik UGM merasa sejalan dengan pemahaman KGPAA Paku Alam X bahwa Perguruan Tinggi bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, ikut memberikan solusi untuk kemajuan masyarakat luas, menekankan aspek budaya dan aspek kesejahteraan masyarakat umum. “Semoga bisa bersinergi dan terjalin kerjasama antara Perguruan Tinggi UGM dan Pemerintah Daerah DIY untuk membantu mempercepat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat program-program Pemerintah Daerah DIY.” (rk) 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN